اليوم العالمي للغة العربية

Desember 18, 2014 oleh : admin

Setelah resminya bahasa arab sebagai bahasa internasional yang di umumkan oleh perserikatan bangsa-bangsa dan menetapkan tanggal 18 desember sebagai hari bahasa arab internasional yang di peringati diseluruh dunia. Semua ini hasil kerja keras dua negara Maroko dan saudi arabia yang dan sekaligus negara anggota UNESCO yang menjadikan bahasa arab sebagai bahasa internasional yang dapat diakui di dunia internasional.

Kegiatan yang di ketuai oleh Dr. Faizah Salim dengan diikuti oleh mahasiswi lulusan Ma’had yang saat ini sedang belajar S1 dan S2 di UQU. Umm Al-qura University (UQU) memperingati hari bahasa arab sedunia yang di adakan di Ma’had el Lughah el ‘Arabiyah li ghairin Natiqina biha, pada hari selasa-kamis, tanggal 17-19 Sofar 1436 H bertepatan dengan tanggal 9-11 Desember 2014 memeriahkan  Hari Bahasa Arab Sedunia. Acara work shop tersebut bertemakan “Al ‘Arabiyah Lughah el Mustaqbal” (Bahasa Arab sebagai Bahasa Masa Depan).

Begitu pula di indonesia berbagai universitas mengadakan kegiatan yang sama pada 18 desember 2014 ini, UIN malang akan menggelar seminar internasional yang dihadiri 38 pakar bahasa Arab dari seluruh dunia. “Yang menjadi nara sumber utama pada seminar dengan tema Pembelajaran Bahasa Arab di Empat Benua ini berasal dari empat benua yakni Asia, Eropa, Afrika, dan Amerika,” papar ketua panitia seminar internasional, Dr Uril Bahruddin kepada Republika, Jumat (12/12).

Benua Asia, kata Uril, diwakili Lembaga Arabic for All dari Riyadh; Eropa diwakili Prof Dr Eckehard Schulz dengan bukunya Modern Standard Arabic; Afrika diwakili pengarang buku al-Kitab al-Asasi; dan Amerika diwakili Prof Dr Mamdouh Nourdin dengan buku seri karangannya yang berjudul Arabic: A Bridge to Islamic Culture.

Pendidikan Bahasa Arab tidak mengadakan acara yang meriah akan tetapi mengikuti seminar di UIN Malang sudah mewakili PBA UMY untuk berpartisipasi dalam acara seminar internasional.