Bridging Course Soft Skill

April 29, 2014 oleh : admin

CIMG0174

Yogyakarta– Kuliah di Program Pendidikan Bahasa ArabUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta, adalah langkah awal untuk merintis jalan menuju masa depan dan memilih Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, karena kampus ini memiliki prestasi yang telah di akui di tingkat nasional. Saat ini, di Indonesia  sendiri Universitas Muhammadiyah Yogyakarta merupakan kampus swasta terbaik.

Untuk memberi pembekalanbaik kepada mahasiswa dan mahasiswi dengan berbagai aspek dari aspek mentalitas, intelektualitas, hingga orientasi kehidupan setelah lulus nanti Program Pendidikan Bahasa ArabUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta (قسم تعليم اللغة العربية الجامعة المحمدية بيوكيا كرتا) menyelenggarakan kegiatan Bridging Course bagi mahasiswa baru maupun mahasiswa lama.

Ana Taqwawati, S.Pd.I., M.Pd.I., menerangkan bahwasannyaBridging Course merupakan salah satu kegiatan yang didesain untuk memberi orientasi pengetahuan kepada mahasiswa dan mahasiswi baik tentang kegiatan akademik maupun non-akademik. “Kegiatan ini sudah berlangsung sejak bulan September 2012 dan dilaksanakan setiap semester,” jelas Ana Taqwawati.

Selain itu juga beliau menerangkan menerangkan Bridging Course terdiri dari beberapa kegiatan seperti achievement motivation training atau yang sering disebut AMT, Pelatihan presentasi, dan etika, serta soft skill. “ tidak kalah pentingnya lagi Prodi PBA dalam kegiatan ini menghadirkan pembicara yang merupakan Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa yaitu Bapak Jati Suryanto,” terang Sekertaris PBA.

Salah satu mahasiswi Mairita mengutarakan pendapatnya mengenai Bridging Course adalah di mana kita mendapatkan ilmu baru yang sebelumnya kita belum sama sekali mengetahuinya, di antaranya adalah melatih soft skill yang dapat diterapkan di dalam kehidupan sehari hari, dan dalam kegiatan ini bisa lebih mengenal teman-teman lebih dekat.

Selain itu, Mairita memaparkan bahwa kegiatan ini adalah untuk melatih agar bisa menjadi seorang mahasiswa yang mana akan menjadi lebih pro-aktif, juga mengetahui bagaimana mengatur waktu dengan baik, serta mengenali diri sendiri dan bahkan bisa membantu untuk menjadi seorang sarjanawan/sarjanawati yang memiliki kompetensi yang tinggi.

Tujuan semua ini adalah untuk memiliki bayangan yang jelas tentang apa yang harus dilakukan selama menjadi mahasiswa dan kemana tujuan karir mereka setelah lulus nanti.

Bridging Course Pendidikan Bahasa Arab ada dua kategori yang mana dari kedua tersebut memiliki rangkaian acara yang berbeda akan tetapi tujuannya sama, yang pertama adalah Bridging Course In Door dan yang kedua Out Door.

Bridging Course In Door biasanya dilaksanakan didalam sebuah gedung pertemuan atau ruang yang tertutup dimana para mahasiswa akan diberikan materi oleh para dosen PBA dan akan mendapatkan pelajaran materi baik segi mental maupun intelektual sesuai jenjangnya masing-masing. Bridging Course In Door diadakan pada awal semester atau dilaksanakan pada semester ganjil. Yang kedua adalah Out Door atau yang sering disebut Bridging Course Out Bond yang mana kegiatan ini akan dilaksanakan pada semester genap di setiap tahunnya. Acara yang dilakukan pada Bridging Course Out Bond ini semua peserta akan diajak bermain dan berwisata serta melakukan kegiatan teamwork. Rentetan acara kegiatan Bridging Course yang satu ini akan diakhiri dengan kegiatanout bond yang dilakukan di alam terbuka. “ dengan Out Bond akan membangun kebersamaan antar mahasiswa PBA itu sendiri maupun mahasiswa dengan staf pengajar.

Ceria mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UMY pada acara bridging course semester genap 2014.

 

waterless

Memenuhi Paralon yang berlubang…..

CIMG0149