PBA UMY melaksanakan bridging soft skill semester gasal 2018/2019 untuk mahasiswa angkatan 2018, 2017, dan 2016. Bridging soft skill merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Arab dalam rangka menguatkan soft skill mahasiswa agar kelak menjadi lulusan yang cakap secara akademis dan non-akademis.

Di bridging semester ini, mahasiswa diberikan bekal soft skill yang mencakup Achievement and Motivation Training untuk mahasiswa angakatan 2018, Learning Organization untuk mahasiswa angkatan 2017, dan Communication skill untuk mahasiswa angkatan 2016. Bridging dilaksanakan pada hari Jumat-Sabtu, 4-5 Januari 2019 di UMY dan Desa Wisata Kelor, Turi, Sleman. Mahasiswa mendapat pelatihan dan materi melalui permainan-permainan bersama dengan bapak ibu dosen PBA di UMY yang kemudian dilanjutkan dengan pentas seni dan outbond di Desa Wisata Kelor.

Dalam pembukaan bridging, Ustd. Arif Humaini, sekalu Kaprodi PBA, menyampaikan bahwa bridging sangat perlu diikuti oleh seluruh mahasiswa PBA karena bridging juga berfungsi sebagai salah satu cara untuk menyempurnakan akhlaq, dalam artian mahasiswa akan bisa berlatih untuk mengembangkan soft skill mereka dalam berhubungan dengan ciptaan Allah SWT lainnya. Selaras dengan poin tersebut, Dr. Suryanto, Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa, dalam opening remark-nya juga menyampaikan bahwa kepemilikan soft skill yang baik menjadi faktor penting sukses atau tidaknya seseorang. Dalam bridging, mahasiswa bisa mempelajari grit yang dalam ajaran Islam dikenal sebagai sikap istiqomah. Sikap ini menjadi bekal penting untuk membuat seseorang menjadi persistence dalam menghadapi aral lintang dalam proses menggapai cita-cita. Semoga bridging selalu membawa manfaat bagi seluruh pesertanya.