Pada tanggal 25 April 2018, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (HIMA PBA) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berhasil melaksanakan perlombaan bagi siswa SMA/SMK sederajat se-Jawa Bali. Gema Karya Arab (GEKA) merupakan perlombaan tahunan yang diselenggarakan oleh PBA UMY untuk mengasah kemampuan siswa-siswi sekolah tingkat atas dalam menggunakan dan menguasai Bahasa Arab dan juga sebagai bentuk apresiasi bagi pegiat Bahasa Arab. Di tahun ini, GEKA mengusung 5 bidang perlombaan yaitu Tahfidz, Pop Arab, LCC, Kaligrafi dan Pidato Bahasa Arab yang diikuti oleh kurang lebih 100 peserta dari berbagai sekolah di Jawa dan Bali.

 

GEKA 2018 mengusung tema “Dengan Bahasa Arab Kita Bisa Berkarya” dengan tujuan untuk membuktikan bahwa Bahasa Arab bukanlah bahasa konvensional, tetapi merupakan bahasa yang juga terus berkembang sesuai dengan zamannya. Selain itu, tema ini juga diusung sebagai pemantik kreativitas peserta lomba untuk dapat mengkesplorasi keindahan Bahasa Arab.

 

Perlombaan dibuka oleh Wakil Dekan II Fakultas Pendidikan Bahasa UMY, Ustad Nanang Joko P yang dalam pidatonya menekankan bahwa perlombaan yang bertujuan untuk mengapresiasi pegiat Bahasa Arab sangat diperlukan demi berkembangnya Bahasa Arab itu sendiri. Oleh karenanya, GEKA menjadi ajang yang krusial untuk terus diadakan dan patut mendapatkan dukungan. Dalam pelaksanaanya di tahun ini, GEKA mendapat dukungan dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Pendidikan Bahasa serta dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

 

Berikut adalah daftar pemenang lomba dalam GEKA 2018.

 

Lomba KALIGRAFI :

Juara I RIZIQ FADLAN WAFA (MAN 4 BANTUL)
Juara II MUHAMAD NUR KAMIL (MAN 3 SLEMAN)
Juara III IHSAN HARYADI (MA ALI MAKSUM)

LCC
Juara I ASY SYIFA SUBANG
Juara II MBS MUHIBA
Juara III MA ALI MAKSUM

LOMBA PIDATO
Juara I KHOIRUL ANAN (MA TAHFIDH ANNUQAYAH)
Juara II INTAN NUR FAIZAH (MA PPMI ASSALAAM)
Juara III HANIF HIDAYATULLAH (MA ALI MAKSUM)

LOMBA POP ARAB
Juara I MOH. HESBI SUHADAK (MAN 2 JEMBER)
Juara II IFADATUL UDHMA ZAIN (SMA ASSALAAM)

Lomba MHQ

Juara I RIZKI LUTHFI ALFIAN ALFARISY (SMKN 1 CIMAHI)
Juara II ALWI MA’ARIF (SMA AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH CILACAP
Juara III ASWIDIA HALWA FITRIANA (MAN 4 BANTUL)

JUARA UMUM
MA ALI MAKSUM dengan Piala Kaligrafi, Piala LCC, dan Piala Pidato

 

Selamat kepada para pemenang, semoga hasil yang didapatkan menjadi bekal untuk selalu belajar dan mencapai kesuksesan. Aamiin.