Guru adalah salah satu fasitilator murid disekolah, dan harus memiliki `kecerdasan karena seorang guru yang cerdas tidak akan pernah kehabisan dalam mempersiapkan bahan ajar dalam proses belajar mengajar, cara berfikirnya terstruktur, dan cara berbicaranyapun sistematis. Dengan dasar inilah Program Pendidikan bahasa arab memberikan kesempatan kepada 3 mahasiswanya untuk melaksanakan PPL di sekolah Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 6 yang bertepat di SMA 6 Muhammadiyah Yogyakarta.

Tidak hanya mengajar yang harus dikuasai oleh para mahasiswa PBA yanag sedang menjalankan PPL akan tetapi keterampilan dan kecerdasan mahasiswa diasah agar mendapatkan sebuah pola fikir dalam mendidik murid yang baik.

Untuk pertama kalainya PBA mengadakan kegiatan PPL dikarenakan Program Pengalaman Lapangan (PPL) adalah program yang memberikan kesempatan kepada calon guru/mahasiswa untuk mengenal lapangan yang akan menjadi profesinya dalam arti khusus, calon guru dapat menerapkan segala teori pengetahuan keterampilan dan wawasan yang telah diperoleh melalui berbagai mata kuliah dan mempraktikan didalam kelas yang sesungguhnya.

Yasin selaku mahasiswa yang sedang menjalankan PPL mengatakan ; PPL adalah salah satu program pengalaman lapangan yang dapat menerapkan berbagai pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam mengasah serta memperaktikan proses belajar mengajar yang sesui dengan ketentuan. PPL juga dapat melatih untuk menjadi guru yang profesional.

Ketiga mahasiswa yang akan melaksanakan PPL secara langsung dan secara resmi Ketua Jurusan PBA bersama Ustad Ahmad Taufik mengantarkan sekaligus menyerahkan mahasiswa PPL kepada pihak sekolah yang terkait, dan di sambut dengan senang hati oleh pihak sekolah.