PBA Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) akan melakukan terobosan baru pembelajaran bahasa Arab secara online melalui kerjasama dengan Universitas Elektronik Saudi

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) merupakan satu-satunya universitas swasta yang memberikan respon positif terhadap pembelajaran online. Hal ini dilihat dari sejak satu tahun belakangan ini sudah ikut berkiprah dalam meramaikan hibah SPADA (Sistem Perkuliahan dalam Jaringan) yang diadakan Dikti secara nasional, yang dibuktikan dengan banyaknya proposal yang lolos dan mendapatkan hibah sehingga Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berada di posisi “Top Five” dan merupakan satu-satunya Universitas swasta yang ada di dalam pemeringkatan oleh Dikti. UMY mencanangkan pada tahun 2021 seluruh perkuliahan dari mata kuliah yang diajarkan di seluruh fakultas atau Program Studi sudah mempunyai sistem pembelajaran secara online dalam e-learning, tidak terkecuali dengan Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Oleh karena itulah, UMY sangat mendukung terhadap kegiatan yang akan diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Arab yang dalam waktu dekat akan mengadakan kegiatan penandatanganan bersama Nota Perjanjian Kegiatan Penerapan Program Bahasa Arab online dan Tes Standar Bahasa Arab yang dikembangkan oleh Universitas Elektronik Saudi.

Sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas pendidikan, serta tentunya upaya untuk menyukseskan program dan kebijakan universitas dalam hal penyelenggaraan perkuliahan secara online, Prodi Pendidikan Bahasa Arab menganggap penandatangan kerjasama ini sangat penting adanya. Melalui MoU tersebut nantinya penerapan pembelajaran Bahasa Arab bisa secara digital. Diantara manfaat yang bisa diambil dari terjalinnya kerjasama dan terlaksananya program bahasa Arab digital dengan Universitas Elektronik Saudi ini, yaitu; (1) proses penerapan pembelajaran akan didapat secara gratis yang mana jika secara mandiri, pembelajaran digital tersebut harus berbayar, dan (2) terdapat 796 video interaktif, 12.000 file mp3, dan 6.320 gambar pembelajaran, serta ribuan latihan praktis.

Kerjasama ini dapat terlaksana melalui Ittihad Muallimii al Lughah al Arabiyah (IMLA) yakni sebagai asosiasi pengajar bahasa Arab di Indonesia, yang kemudian merangkul sekitar 45 perguruan tinggi dan lembaga Se-Indonesia untuk menandatangani MoU dan melakukan kerja sama dengan Universitas Elektronik Saudi yang akan berlangsung di Universitas Negeri Malang pada tanggal 28-29 September 2018. Selain penandatangan MoU secara bersama, kegiatan tersebut juga akan diisi dengan pelatihan dan sosialisasi teknis penerapan program bahasa Arab tersebut.