Yogyakarta –  Guna mendapatkan wawasan dan menambah ilmu pengetahuan   mahasiswa   S1 Program Sastra Arab  Universitas Hasanuddin Makasar,mengunjungi  Prodi Pendidikan Bahasa Arab pada hari Rabu, 14Januari 2015.  Mereka bersama rombongan dari makasar dengan mengadakan Rihlah Ilmiyah.

Kunjungan diterima oleh Ustad Talqis Nurdiyanto selaku ketua Program Pendidikan Bahasa Arab. Kunjungan ini adalah kunjungan yang sudah direncanakan sejak tahun kemarin dan kunjungan ini adalah sebagian rangkaian agenda tahunan yang selalu dilaksanakan.

Ketua rombongan sastra arab Khairuddin.,M.A., mengatakan bahwa orang Indonesia Timur menyebut Yogyakarta adalah kota pelajar dan beliau menyampaikan sambutan dengan rasa senang atas kunjungannya, serta beliau merasa salut atas prestasi PBA yang awal didirikan dengan mendapatkan hasil akreditasi B sedangkan sastra arab Unhas pertama kali akreditasi mendapatkan C, ini adalah awal yang luar biasa yang dilakukan PBA.

Dalam sambutan beliau mengatakan dengan jelas bahwa kunjungan yang kami lakukan adalah sebuah Rihlah Ilmiyah yang mana kami mencari informasi yang belum kami ketahui, seperti melihat kurikulum bahasa arab, serta kegiatan yang mendukung atas akademik mahasiswa. Ujar Khairuddin., M.A,.

Khairuddin., M.A,. juga memperkenalkan Himpunan Mahasiswa Sastra Asia Barat sebagai salah satu organisasi yang mendukung akademik di Sastra Arab Unhas.

Dilanjutkan pengenalan prodi pendidikan bahasa arab oleh ketua prodi PBA untuk mengetahui lebih tentang pendidikan bahasa arab, beliau menjelaskan bahwa UMY memiliki moto Muda mendunia artinya meskipun umur PBA baru lahir beberapa tahun lalu tapi semangat kami untuk membangun PBA kekancah internasional terus kami lakukan dengan bekerja sama dengan beberapa universitas yang ada diasia tenggara seperti USIM, UNNISA, UNIVERSITAS FATHONY Thailand, dan lainnya.

Program pendidikan bahasa arab ini memiliki program yang wajib dilakukan sebagai syarat kelulusan wisuda yaitu berkunjung ke negara-negara yang sudah melakukan kerjasama seperti ke Malaysia, atau negara lainnya, kegiatan ini dilaksanakan pada semester 7, beliau juga memberikan program PBA bagi mahasiswa 2011-2013 harus menghafalkan Juz 30 sedangkan angkatan 2014 mereka menghafal 3 Juz dari depan.