Proses Pembelajaran

Berdasarkan Proses Bisnis Akademik dan Butir Mutu Kurikulum dan Proses Pembelajaran, prodi pendidikan Bahasa Arab telah menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) sejak tahun 2010 dan pada tahun 2015 melakukan penyesuaian kurikulum berdasarkan KKNI dan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) 2014 menjadi Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) yang difokuskan untuk optimalisasi pengembangan proses pembelajaran dan sistem informasi melalui aktivitas penguatan capaian pembelajaran dan daya saing lulusan, yang meliputi peningkatan kualitas practical skills, peningkatan kualitas soft skills, peningkatan efektivitas pembelajaran dengan model Student Centered Learning (SCL) dan efisiensi penyusunan tugas akhir, sehingga lulusan program studi Pendidikan Bahasa Arab yang ditunjukkan pada profil lulusan memiliki daya saing di dunia kerja.
Capaian Pembelajaran Prodi Pendidikan Bahasa Arab FPB UMY yang ditetapkan mengacu pada capaian pembelajaran yang telah ditetapkan oleh DIKTI dan pencirian (keunggulan) prodi Pendidikan Bahasa Arab berdasarkan pada 4 unsur pokok dari KKNI dan SNPT 2014 yaitu Sikap, Penguasaan Pengetahuan, Ketrampilan Umum dan Ketrampilan Khusus.