Malam Keakraban Pendidikan Bahasa Arab

Oktober 15, 2014 oleh : admin

Sebagai agenda dari mataf yang sudah dilaksanakan beberapa minggu yang lalu, panitia mengadakan sebuah acara yang sering disebut Malam Keakraban atau Makrab, acara ini berlangsung selama dua hari satu malam ditempat wisata yang menawan.

Seluruh mahasiswa baru diharapkan mengikuti kegiatan ini karena bisa dikatan acara makrab sudah menjadi tradisi yang harus dilakukan setiap mahasiswa baru yang ada di UMY, oleh karenanya Pendidikan Bahasa Arab dengan susunan kepanitian yang berbeda mengadakan Malam keakraban yang bertempat di Kaliurang, Sleman, Yogyakarta.

Malam keakraban biasanya memberikan suatu inovasi dalam bergaul, memberikan kreatifitas, memberikan motivasi dan yang paling inti saling mengenal lebih dekat lagi bersama seluruh mahasiswa PBA bukan hanya mahasiswa baru saja akan tetapi kepada seluruh angkatan yang ada di prodi PBA.

Mahasiswa diajak berlatih bagaimana saling menghargai orang lain dalam bertukar fikiran, pendapat, ide, dan hal yang bersangkutan dengan sopan santun. Pada kesempatan inilah waktu mereka berkreasi sebelum melangkah jauh diperkuliahan. Acara disusun secara menyenangkan, dan pada malam hari acara makrab ini panitia mengadakan acara api unggun yang mana disetiap orang berhak untuk menjadikan malam itu malam ajang kreatifitas, ada yang menyayi, drama, curhat, sharing antar mahasiswa dan ada juga motivasi kepada seluruh peserta makrab. Suasana semakin malam semakin ramai mahasiswa menunjukkan kemampuannya dalam bidang seni atau yang lainnya.

Disusul dengan rangkaian acara bakar ubi menjadikan suasana keluarga pendidikan bahasa arab sangat harmonis bagaikan keluarga yang sedang piknik., dengan suhu udara yang dingin malam keakraban ini dapat dirasakan oleh semua peserta apalagi sambil menikmati hangatnya api unggun yang masih mengeluarkan kehangatan disertai nikmatnya ubi bakar.

Setelah rangkaian acara api unggun selesai maka mahasiswa dan peserta makrab kembali ketempat peristirahatan yang sudah disediakan oleh panitia, semuanya kembali kekamar masing-masing dan menyimpan energi untuk esok hari yang masih banyak sekali kegiatan yang akan dilakukan. Acara demi acara pada malam hari sudah lah terlewati tetapi kami sebagai mahasiswa muslim tidak lupa menjalankan ibada kepada Allah SWT, kami mengadakan sholat berjamaah, memberikan tausiah, dan mengaji bersama itulah yang dirasakan pada hari pertama kami memulai malam keakrabam.

Di pagi hari tepat pada hari minggu seluruh peserta bangun dan langsung menjalankan sholat subuh berjamaah sesuai apa yang sudah kami lakukan sebelumya. Mendapatkan tausiah dari beberapa orang mahasiswa menjadikan semangat baru dan menjadikan pengetahuan yang baru pula.

Setelah acara sholat berjamaah yang kami lakukan peserta bersiap-siap untuk keliling daerah wisata kaliurang yang mempunyai suhu pegunungan yang dingin, dan dilanjutkan senam yang dikordinatori oleh kakak Hima dari angkatan 2013. Setelah beberapa menit melakukan aktifitas agar badan terasa segar kami beristirahat beberapa menit dan langsung mengadakan permainan-permainan yang bersifat kekompakan, kebersamaan, dan melatih kinerja yang baik.

Demikian acara makrab pendidikan bahasa arab agar saling mengenal satu sama lainnya dan tidak ada kata senioritas atau saling bermusuhan diantara angkatan. Semoga acara semacam ini dapat dirasakan manfaatnya dan dapat memotivasi pembaca.

  1782172_762213340517677_2553861022852738001_n

10672374_773371902722182_4784838638101105497_n

1601027_762215847184093_7627761301298982878_n