Masa Ta’aruf Pendidikan Bahasa Arab

Oktober 15, 2014 oleh : admin

Masa Taaruf Pendidikan Bahasa Arab biasanya dilaksanakan pada awal-awal bulan september atau setelah masa taaruf tingkat kampus dan fakultas, dalam kegiatan tersebut sudah tercantum dalam agenda tahunan di setiap prodi yang ada di lingkungan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Namun disela kegiatan ini setiap tahunnya akan berbeda konsep yang dilakukan oleh penyelenggara sesuai dengan agenda atau acara yang akan disajikan pada rentetan mataf baik tingkat kampus, fakultas dan jurusan.

Sebagai wakil rektor III bapak Sri Atmaja mengutarakan saat rapat kordinasi bersama jajaran panitia mataf bahwa beliau memberikan kebebasan dalam melaksanakan acara mataf jurusan dengan syarat tidak menyimpang dari syariat agama, ataupun kekerasan yang terjadi dimasa mataf, bahkan melarang kepada panitia untuk membawa barang dan benda aneh seperti memberikan pernak pernik yang tidak bermanfaat kepada mahasiswa baru, ini bertujuan agar UMY menjadi contoh bagi kampus lain yang mana memberikan kenyamanan kepada mahasiswa baru dan menyambutnya dengan kesan dan pesan yang baru juga serta tidak adanya intimidasi atau senioritas bahkan perpeloncoan, ini sangat tidak dianjurkan di UMY.

Begitu juga dengan Pendidikan bahasa arab tidak ada sama sekali hal-hal yang memberatkan mahasiswa bahasa arab sehingga sulit dalam mencari barang atau keperluan Mataf, mereka (panitia) mendapatkan arahan dari Ketua Mataf Fakultas yang membrikan masukan dan arahan kepada panitia jurusan mengenai perlengkapan dan barang bawaan mahasiswa baru. Moehammad Agus Hifni Mubaroq sebagai ketua Mataf Fakultas sekaligus mahasiswa PBA menghimbau kepada seluruh panitia jurusan agar tidak memberikan hal-hal yang aneh dan merugikan mahasiswa baru apalagi sampai membebankan untuk mencari ditempat yang sulit didapat.

Dalam acara kegiatan mataf 3 september 2014 ini mahasiswa Pendidikan Bahasa arab melangsungkan kegiatan di gedung M University Resident Putri atau yang sering disingkat UNIRES putri. Pagi hari panitia sudah bersiap menyambut mahasiswa baru dengan sambutan yang luar biasa sehingga menjadikan suasana nyaman dan tidak ada rasa ketakutan bahkan selaku pnitia sudah menjadikan mereka bagian keluarga baru di PBA, karena Pendidikan Bahasa arab tidak ingin mahasiswa baru, dilingkungan baru dan teman baru mendapatkan kesan yang tidak baik, maka dari itulah Muhammad Surya selaku penanggung jawab acara mataf mengajak kepada seluruh panitia, mahasiswa senior maupun junior dan para dosen diajak untuk menyambutnya dengan sambutan yang baik.

Acara pembukaan secara resmi dibuka oleh ketua prodi PBA Ustadz Talqis Nurdianto, Lc., MA. Serta didampingi seluruh Dosen PBA, Ketua HATAMA, dan ketua Mataf Jurusan. Inilah awal yang baru dan awal yang baik bagi mahasiswa yang akan menjadikan kegiatan ini sebagai saksi terlaksananya kegiatan Mataf.

Dalam sambutannya selaku kaprodi mengungkapkan rasa syukurnya atas nikmat yang telah diberikan sehingga bisa mengulangi kembali memberikan sambutan kepada mahasiswa baru dengan membawa slogan yaitu Marhab, marhab, marhab. Kalimat marhab yang sampai sekarang ini terus digunakan disetiap acara dan kegiatan PBA. Selain mengungkapkan rasa syukur beliau juga mengajak kepada seluruh mahasiswa baru untuk menjaga kwalitas bahasa yang sudah didapat dan memberikan semangat kepada mahasiswa yang belum mahir dalam berbahasa. Disela-sela sambutannya tidak lupa juga memperkenalkan Dosen PBA dan TU PBA.

Setelah acara pembukaan selesai, acara demi acara berganti sesuai roundown acara yang sudah disiapkan, pada acara tersebut banyak sekali agenda yang sejak jauh-jauh hari dipersiapan diantaranya mengadakan Talk Show, sosialisasi kemahasiswaan PBA, organisasi, Persentasi dan memberikan materi tentang motivasi bagi mahasiswa baru.

Sampai penghujung acara kegiatan mataf diakhiri dengan bersalamn dan memberikan semangat satu sama lainnya agar terciptanya ukhuwah islamiyah dan menjaga tali persaudaraan sebagai keluarga baru Pendidikan Bahasa Arab.