Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (PBA UMY) menggiatkan peningkatan pembelajaran dan minat mempelajari bahasa Arab bagi para mahasiswa PBA UMY melalui kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Internasional yang dilaksanakan pada 12-20 November 2019 di Malaysia dan Thailand. Upaya PBA UMY dengan mengusung tema “Connecting Ukhuwah Among International Student To Improve The Quality Of Arabic Learning” memberikan kontribusi dalam meningkatkan wawasan berbahasa Arab melalui study visit di beberapa universitas yaitu University of Malaya (UM), University Islam Sains Malaysia (USIM), dan University Islam Teknologi Mara (UiTM) serta menjalin relasi antar mahasiswa pada universitas tersebut. Pada kunjungan tersebut seluruh mahasiswa PBA UMY beserta mahasiswa dari berbagai universitas tersebut saling menunjukan potensi yang dimilikinya dalam berbahasa Arab.

Yayat Hidayat, S.Pd.I., M.Ag, dosen pembina PBA UMY 2016 mengatakan bahwa KKL Internasional ini merupakan sebuah program yang sangat bagus dan harapannya ada program keberlanjutan Exchange untuk mahasiswa PBA UMY. “Program Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Internasional ini sangat bagus sebagai bentuk jalin ukhuwah bersama dengan universitas-universitas khususnya di Malaysia yang kami kunjungi. Sebagai bentuk peningkatan kualitas pembelajaran mahasiswa bahasa Arab dan harapannya ada program keberlanjutan seperti student exchange untuk mahasiswa PBA UMY,” paparnya.

Saat KKL Internasional berlangsung di Malaysia, beberapa mahasiswa PBA UMY 2016 melakukan presentasi di beberapa universitas diantaranya, Nazita Dara Maula dan Alamuddien Asyrozi mempresentasikan tentang inovasi pendidikan melalui media Kahoot di Universitas of Malaya. Musta’inah Chusnaya dan Isya Mawaddah mempresentasikan di Universitas Islam Sains Malaysia (USIM) tentang teknologi pendidikan dan dilanjutkan dengan sharing session antar mahasiswa UMY dan USIM membahas perkembangan tekologi pendidikan di era modern. Selain itu juga mereka mengikuti kegiatan debat Bahasa Arab dengan Universitas Islam Teknologi Mara (UiTM) melalui tema “Pemeringkatan Universitas Dunia, Merugikan Universitas”. Tim PBA UMY yang mengikuti kegiatan debat diantaranya Irfan Triyana Nur Alim, Maya Lailatussaidah, dan Ahad Hilman Fattaya yang berhasil menunjukkan kobelahannya dalam debat berbahasa Arab bertanding dengan tim UiTM.

Tidak hanya menunjukkan skill berbahasa Arab dalam kegiatan KKL Internasional para mahasiswa PBA UMY 2016 juga menunjukkan potensi mereka dalam kreatifitas non akademik dengan menampilkan tapak suci dan tarian nusantara. Dari penampilan tersebut mendapatkan apresiasi besar dari beberapa universitas yang hadir.

Irfan Triyana Nur Alim, ketua panitia pelaksanaan KKL Internasional PBA UMY 2016 mengatakan bahwa Program KKL Internasional ini banyak memberikan pelajaran bagi mahasiswa PBA UMY. ”Program KKL ini banyak memberikan pelajaran terutama dalam menciptakan bi’ah arobiyah yang baik dan menambah kecintaan akan bahasa arab hingga bisa dijadikan bahasa komunikatif saat di kampus atau perkuliahan. Dari kegiatan ini juga memberikan pandangan pada kami untuk lanjut studi ke luar negeri, dan program KKL ini menjadi momentum bagi kami sebagai mahasiswa untuk menggali wawasan luar negeri dan aplikasi bahasa dalam kancah internasional. Harapanya semoga kedepannya dapat lebih baik lagi dan mampu membuat PBA UMY semakin mendunia, sesuai dengan jargon kampus kami muda mendunia,” tutupnya. (sofia)

Berita diambil dari Biro Humas dan Protokol UMY (bhp.umy.ac.id)