Masa Ta’aruf (MATAF) Prodi Pendidikan Bahasa Arab merupakan agenda yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh Prodi PBA FPB UMY bersama Himpunan Mahasiswa PBA UMY dalam menyambut mahasiswa baru. Pada tahun ini MATAF PBA UMY 2018 dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2018 dengan mengangkat tema “Membumikan Bahasa Arab dan Membangun Generasi Berintelektual Bersama PBA UMY”.

Eza Alhaniah Amalina, mahasiswi PBA Angkatan 2016 selaku ketua pelaksana, membentuk MATAF tahun ini dengan bernuansa berbeda dari MATAF di tahun-tahun sebelumnya terutama untuk menyambut keluarga baru PBA UMY. Tahun ini para dosen memperkenalkan diri dengan mengenakan pakaian a la Timur Tengah yang bertujuan agar euforia identitas kita sebagai program studi yang mempelajari tentang Bahasa Arab semakin tampak. Dalam sambutannya, Eza menghimbau kepada seluruh mahasiswa baru untuk bersama sama “Membumikan Bahasa Arab Dan Membangun Generasi Berintelektual” bersama PBA UMY. Ketua Himpunan Mahasiswa PBA UMY, Muhammad Risal Rhomadan pun menghimbau kepada mahasiswa baru untuk menjadi mahasiswa yang selalu bersemangat dalam menuntut ilmu serta memiliki kedisiplinan yang tinggi.

Selain dihadiri oleh dosen dan alumni PBA UMY serta Dekanat FPB, MATAF PBA 2018 ini mengundang tiga orang pembicara yang berkompeten dalam bidangnya masing masing., yaitu Nanang Joko Purwanto, S.S., M.Pd.I selaku Wakil Dekan II Bagian Sumberdaya dan Kemahasiswaan di FPB yang membawakan materi dengan tema ” Keakademikan dan Kemahasiswaan”. Pembicara selanjutnya adalah Salimah Muhammad Husein (Ph.D candidate Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta) dari Libya yang membawakan materi tentang ” Mengenal Dunia Kependidikan dan Motivasi Belajar Bahasa Arab” bagi para mahasiswa PBA UMY, dan Sutan Kumala Pontas, S.Sos, motivator muda alumni prodi HI UMY serta mantan wakil presma UMY yang membawakan tema “Motiviasi Dalam Menghadapi Dimensi Kemahasiswaan”. Para Mahasiswa PBA UMY 2018 sangat antusias dalam menyimak materi yang salah satunya ditunjukkan dengan aktifnya mahasiswa bertanya kepada para pemateri.

MATAF PBA UMY 2018 uga disemarakkan dengan Pensi (Pentas Seni) per khafilah diantaranya ada Nasyid Arab, Orasi Berantai, Puisi Berantai, dan Stand Up Comedy, yang diakhiri dengan penyerahan doorprize dengan kategori Khafilah Terkereatif, Khafilah Terbaik , dan Yel Yel terbaik serta penobatan gelar Putra dan Putri MaTAF PBA UMY 2018 yang tahun ini jatuh kepada Pangestu Sri Adidarma
dan Resgi Widati Tria Iis Utami.