Dalam dunia pendidikan, setiap akademisi harus memahami betapa pentingnya untuk menghindari plagiasi karya tulis. Tidak terkecuali bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang selama masa studinya wajib menghasilkan karya tulis baik sebagai tugas kuliah atau penulisan skripsi. Untuk membekali mahasiswa dengan literasi informasi khususnya untuk menghindari plagiasi, PBA UMY mengadakan workshop anti plagiasi yang dilaksanakan dalam tiga sesi yaitu di hari Sabtu, 23 November 2019 dan 30 November 2019 bertempat di Gedung Ibrahim E7.406.

Dalam workshop ini, PBA UMY menggandeng tim literasi informasi Perpustakaan UMY sebagai narasumber. Materi yang dibagikan antara lain adalah cara untuk mencari sumber informasi yang valid seperti jurnal-jurnal ilmiah yang dibutuhkan mahasiswa sebagai sumber utama untuk menulis. Perpustakaan UMY sendiri sudah melanggan database jurnal-jurnal internasional seperti JStor, ProQuest dan Emerald Publishing. Perpustakaan UMY juga sudah terhubung dengan Perpustakaan Nasional RI yang sudah melanggan lebih banyak database jurnal internasional. Hal ini berarti setiap mahasiswa memiliki akses yang sangat luas untuk mendapatkan informasi terkini terkait bidang ilmu masing-masing tanpa harus mengeluarkan biaya berlangganan sendiri.

Selain memberikan pelatihan untuk mencari jurnal internasional, workshop ini juga memberikan pelatihan kepada mahasiswa terkait penulisan sitasi dan penggunaan alat sitasi. Materi ini dimaksudkan untuk memberikan kesadaran kepada mahasiswa PBA untuk dapat menghindar dari plagiasi dan agar dapat lebih efektif dalam mengelola sumber ilmiah yang digunakan dalam penulisan tugas maupun skripsi mereka. Perpustakaan UMY memberikan aplikasi referencing tool EndNote yang juga sudah dilanggan oleh perpustakaan, sehingga masing-masing mahasiswa bisa mendapatkan akun pribadi secara gratis.