Perayaan Bahasa Arab se-Dunia di PBA UMY

Desember 26, 2018 oleh : admin

Selasa, 18 Desember 2018 merupakan hari Bahasa Arab sedunia. Untuk memperingati momen tersebut, HIMA PBA mengadakan acara Talk Show Bahasa Arab untuk seluruh mahasiswa PBA UMY dengan tema ÔÇťAntara Problematika dan Cita-cita dalam Belajar Bahasa Arab. Talk Show ini mengundang tiga narasumber yaitu Ust. Naim Madjid, Ph.D., Putri Ida Rofika, S. Pd, dan Dinni Masyitoh Lindriana Wati, S. Pd.

Ustadz Naim Madjid, Ph.D adalah dosen aktif Pendidikan Bahasa Arab di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang mengajar mata kuliah Terjemah dan Nahwu di semester 3. Beliau lulusan Internatinonal Islamic University of Malaysia (IIUM) jurusan Bahasa Arab dan literatur. Putri Ida Rofika, S. Pd dan Dinni Masyitoh Lindriana Wati, S. Pd adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UMY yang saat ini sedang menempuh jenjang S2 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Dalam TalkShow ini, pemateri berbagi permasalahan yang mereka alami selama belajar Bahasa Arab terutama dalam mempelajari kaidah-kaidah Bahasa Arab dan penyesuaian berbahasa. Untuk menghadapi permasalahan ini, para pemateri mengungkapkan bahwa banyak membaca referensi dan membiasakan menggunakan Bahasa Arab secara aktif menjadi salah satu jalan keluar utama. Referensi, seperti buku-buku berbahasa Arab dan buku-buku tentang kebahasaaraban, saat ini sudah banyak tersedia di internet sehingga tidak menyulitkan pembelajar Bahasa Arab untuk mengaksesnya. Dengan kemajuan teknologi, tidak sulit pula untuk berlatih berkomunikasi dengan pembelajar bahasa Arab yang sudah mahir bahkan dengan penutur asli Bahasa Arab. Jika hal ini masih belum terlalu familiar, membentuk kelompok belajar atau klub untuk melatih maharatul kalam atau kemampuan berbicara dalam Bahasa Arab.

Dengan diadakannya Talk Show ini, HIMA PBA berharap agar dapat memotivasi mahasiswa PBA untuk lebih bersemangat dalam mempelajari Bahasa Arab.