Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UMY tahun ajaran ini melaksanakan staff exchange atau pertukaran dosen dengan Akademi Pengajian Bahasa Universiti Teknologi MARA, Malaysia. Pertukaran dosen tahun ini disebut sebagai Pertukaran Budaya dengan mengirimkan salah satu staff pengajar dari masing-masing institusi.

Program pertukaran dosen berlangsung selama tiga minggu di masing-masing universitas. Ustad Moch Iqbal selaku staff pengajar dari PBA UMY dikirim ke UiTM untuk mengajar Qiroah, Nahwu, Sharaf, dan Balaghah sedangkan APB UiTM mengirimkan Ustad Mohd Nor Amin bin Bahasrun untuk mengajar Qiroatun Nushus dan Ilmu Nahwu bagi mahasiswa semester satu dan tiga di PBA UMY.

Staff exchange program ini merupakan program pertukaran dosen yang pertama bagi PBA UMY dan APB UiTM, meskipun keduanya telah menjalin kerjasama di bidang lain sebelum adanya program pertukaran ini. Program ini bertujuan untuk memberikan wawasan internasional kepada dosen, mahasiswa dan staf khususnya PBA UMY serta untuk membuka peluang adanya kerja sama lain seperti joint research atau penelitian bersama/gabungan. Program ini direncanakan untuk menjadi program tahunan, dan PBA UMY membidik tidak hanya bekerja sama dengan UiTM Malaysia tetapi juga dengan universitas-universitas lain.