WORKSHOP PENULISAN KARYA ILMIYAH BAHASA ARAB

Februari 26, 2015 oleh : admin

Dalam kesempatan ini kita bisa memberikan kalimat seperti LINTAS GENERASI yang mana kita bertatap muka dengan seluruh mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab, baik dari angkatan 2011 sampai 2014, dengan kegiatan whorkshop ini diharapkan agar setiap mahasiswa mengetahui cara menulis karya bahasa arab dengan baik, karena karya ilmiyah dalam bahasa arab bisa menjadi Skripsi dan Jurnal.

Sebagai mahasiswa tidak cukup hanya kekampus saja akan tetapi harus mencari potensi yang digali dan dikembangkan agar menjadi sebuah pembelajaran dalam kehidupan, semoga dengan hadirnya Dr. Tulus Musthofa akan menjadikan pertemuain ini dengan mahasiswa PBA menjadi lebih bermanfaat dalam diskusi penulisan karya ilmiyah. Lulusan Kairo mesir ini sudah menjadikan forum yang sudah diketahui oleh mahasiswa indonesia selama dimesir dengan membuka forum Buhust Al-Ahad ( Kajian di Hari Minggu) yang didalamnya terdapat 10 orang anggota dengan berbagai tugas yang sudah diberikan sebelum memulai kegiatan, tujuan ini untuk mengasah kemampuan berbahasa arab yang fushah dan tugas yang lain akan mengoreksi dari segi makna, bahasa , uslub serta tatacara dalam kaidah nahwu dan shorfnya, setelah mendapatkan gelar S1 beliau meneruskan ke Universitas Khurtum sudan dan melanjutkan kembali dengan mengambil gelar Doktor di UIN SUKA Yogyakarta.

Dr. Tulus Musthofa sebagai sekjen IMLA ( اتحاد مدرسي اللغة العربية ) berkesempatan hadir dalam memberikan ilmunya kepada mahasiswa PBA UMY dengan berbagai pengalaman dan karyanya yang dimiliki beliau serta memberikan motivasi dalam menullis sebuah karya tulis ilmiyah dengan berbagai kaidah penulisan bahasa arab, yang disampaikan dalam workshop penulisan karya ilmiyah tadi sangat membantu kepada mahasiswa semester akhir yang sedang menyusun skripsi dengan bahasa arab, dengan memberikan pembahasan dan kata-kata yang bagus dalam bahasa arab ini sangant penting diperhatikan meskipun hanya sekedar kalimat/kata tidak begitu kita perhatikan akan tetapi membantu demi menghubungkan dari kalimat yang lain ke kalimat seterusnya.

Beliau menuturkan bahwa pertemuan workshop ini akan membantu dan membangkitkan kemahiran dalam penulisan yang mana ini dapat dilakukan oleh siapa saja jika mengetahui cara dengan baik cara penulisan nya, dalam bahasa arab ada 4 kemahiran. Tidak mungkin mendengar jika kita tidak bisa berbicara dan tidak mungkin kita berbicara jika kita menjadikan sebuah pembicaraan itu hanya sekedar kata-kata saja yang tidak terlalu diperlukan tetapi dalam karya penulisan karya ilmiyah akan menjadi manfaat