Akademik

PENELITIAN

  1. Arif Humaini. 2017. Problematika Penulisan Skripsi Berbahasa Arab Mahasiswa Prodi PBA.
  2. Arif Humaini. 2018. Efektivitas Permainan Kartu dalam Pembelajaran Ilmu Shorof (Kajian Eksperimen terhadap Mahasiswa Prodi PBA).
  3. Arif Humaini. 2016. Problematika Penggunaan Kamus Bahasa Arab Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab 2016/2017.
  4. Roojil Fadillah. 2016. Penggunaan Teori T2 Sampel Berhubungan Terhadap Hasil Ujian Akhir Semester Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta.
  5. Moch Iqbal. 2018. Efektivitas Metode Collaborative Learning dalam Meningkatkan Ketrampilan Membaca Bahasa Arab.
  6. Moch Iqbal. 2017. Pembelajaran Charf Jarr Setelah Fi’il untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab.
  7. Erma Febriani. 2018. Penerapan Metode Gerak dan Lagu dalam Pembelajaran Bahsa Arab di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2017/2018.
  8. Erma Febriani. 2017. Penggunaan Teori T2 Sampel Berhubungan terhadap Hasil Ujian Tengah Semester Pelajaran Bahasa Arab Kelas VIII Pondok Pesantren Nurul Ikhlas.
  9. Nanang Joko Purwanto. 2017. The Role of Bahasa Indonesia in Foreign Language Teaching.
  10. Nanang Joko Purwanto. 2018. Efektivitas Lagu sebagai Media Pembelajaran Tata Bahasa Arab (Nahwu).
  11. Yayat Hidayat. 2018. Pembelajaran Bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta 2017/2018.
  12. Yayat Hidayat. 2018. Eksperimentasi Media Buku Cerita Bergambar (Cergam) dalam Pembelajaran Qiro’ah Siswa Kelas XII di SMA Muhammadiyah VI Yogayakarta.
  13. Yayat Hidayat. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Video Interaktif terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Istima’ Wal Kalam Mahasiswa PBA UMY Angkatan 2016.
  14. Lanoke Intan Paradita. 2017. Student’s Perspective on Teacher’s Written Feedback in EFL Reading Activity.
  15. Lanoke Intan Paradita. 2017. Designing Input-based Materials for Basic Level of EFL Leaners.
  16. Lanoke Intan Paradita. 2018. Students’ Autonomy in Extensive Reading Class: Does the Internet Help Me?
  17. Fitri Zakiah. 2017. Pendidkan Bagi Difabel dalam Perspektif Al-Quran (Studi Kasus Kelas “Goro” SLB Giwangan Yogyakarta).
  18. Ana Taqwa Wati. 2017 Meansurement in Meathematics Test Items of Senior High Schools in Selatpanjang Kepulauan Meranti District.
  19. Ana Taqwa Wati. 2018. Model Pengukuran Kemampuan Berbicara Bahasa Arab.
  20. Talqis Nurdianto. 2017. Kontribusi Imam Asy-Syatibi dalam Perkembangan Nahwu Bahasa Arab Abad 8H.
  21. Talqis Nurdianto. 2018. Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Bina Umat Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018.
  22. Roojil Fadillah. 2017 Penggunaan Laboratorium Bahasa Sebagai Media Pembelajaran.
  23. Muhammad Naim Madjid. 2018. Analisis Penerjemahan Gaya Bahasa (Figurative) dalam Novel Khan Al-Khalili (Lelaki dalam Pasangan) Karya Najib Mahfudz.
  24. Muhammad Naim Madjid. 2018. Pengaruh Metode Mengajar Dosen Ilmu Nahwu Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab.
  25. Mohammad Muhajir. 2017. Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Menggnakan Metode Imla’ Pembelajaran Bahasa Arab Kelas III SD IT Jabal Nur Gamping.
  26. Arif Humaini. 2019. Konsep Dasar Perkembangan Kognitif dan Pendidikan Karakter dalam Buku Rencana Pembelajaran Bahasa Aran di SMA/SMK Muhammadiyah Kelas X Tahun 2017.
  27. Yayat Hidayat. Implementasi Pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) Melalui Pelatihan Kuliah Intensif Al-Islam (KIAI) pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan Bahasa UMY.
  28. Yayat Hidayat. Implementasi Pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) Melalui Pelatihan Kuliah Intensif Al-Islam (KIAI) pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan Bahasa UMY.
  29. Erma Febriani. 2019. Penggunaan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Arab.

    http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/33021

  30. Moch Iqbal. 2019. Studi Eksperimen Penggunaan Teknik Mencocokan Gambar dengan Kata untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Santri Panti Asuhan Muhammadiyah Abu Dzar Al-Ghifari Gamping Sleman.

    http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/32684

  31. Roojil Fadillah. 2019. Perpustakaan Digital dan Konvensional Sebagai Media Pembelajaran (Analisis Komparatif pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Unversitas Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Ajaran 2018-2019. http:/fpbu.usim.edu.my/ilec2019
  32. Yayat Hidayat. 2017. Teori Perolehan dan Perkembangan Bahasa untuk Jurusan Pendidikan Bahasa Arab.

    http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/27804

PUBLIKASI

  1. Talqis Nurdianto. 2018. Tafhimul Quran Juz 30 (Metode Memahami Al-Quran Al- Karim.

    http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/26206/BUKU_TAFHIMUL_QURAN.pdf?sequence=1&isAllowed=y

  2. Talqis Nurdianto. 2018. Daur at-Ta’lîm al-Iliktrûnî fî Ta’lîm al- Lughah al- ‘Arabiyyah.

    http://prosiding.imla.or.id/index.php/pinba/article/view/64

  3. Talqis Nurdianto. 2017. Al fikr al balaghi fi ama’ăni ‘inda as sakăki fi kitabihi miftahul ulum dirăsah balaghiyyah.

    http://ejournal.iainpekalongan.ac.id/index.php/alsinatuna/article/view/1136

  4. Talqis Nurdianto. 2017. Zawahir altaqdim wa alta’khir fi surah al-fatihah: dirasah balagiyyah. Indonesian Journal of Islamic Literature and Muslim Society 2 (2), 235-258.
  5. Talqis Nurdianto. 2017. Nasikh Jumlah ismiyyah; kajian Inna dan Kaana Bahasa Arab.

    http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10396

  6. Talqis Nurdianto. 2017. Kalimat Ismiyyah dan Fi’liyyah BahasaArab.

    http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12992?show=full

  7. Talqis Nurdianto. 2017. Concept of taqdim and takhir between’abd al-qahir aljurjani and alsakkaki.

    http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11705

  8. Ana Taqwa Wati. 2017. Multiple categorical independent variables and factorial design two way ANOVA simulation.
  9. Muhammad Khaeruddin Hamsin. 2016. Hukum Jual Beli Ijon. Majalah Suara Aisyiah, Edisi 1.

    http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/4148

  10. Fitri Zakiah. 2018. Qadhiyyah ad-Dalâlah fî ‘Ilmi at- Tarbiyah al- Islamiyyah. Jurnal Alsinatuna Vol.3 No. 2, Juni 2018. P-ISSN: 2477-5371 E-ISSN: 2503-2690.

    http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/alsinatuna/article/view/1346

  11. Fitri Zakiah. 2017. Al-Wasâˋil ar- Raqmiyyah fî Ta’lîm al- Lughah al- ‘Arabiyyah li Mahdûdî al- Qudrah al- Bashariyyah fî Jâmi’ah Sunan Kalijaga al- Islâmiyyah al- Hukûmiyyah Yogyakarta. Prosiding cetak Internation al Conference & Call for Paper “Trends of Arabic Language in Digital Era: Education, Literature, and Technology”, UMY, Yogyakarta.
  12. Roojil Fadillah. 2018. Tachlîl al- Akhthâˋ an-Nachwiyyah al- Lughawiyyah fî al Khithâbah al-Minbariyyah (Dirâsah Châliyyah). Jurnal Maharat. 

    https://journal.umy.ac.id/index.php/maharat/article/view/5681

  13. Roojil Fadillah. 2018. Tachlîl al- Akhthâˋ al- Lughawiyyah ‘inda Tathbîq al-Kalâm (Dirâsah Châliyyah). Prosiding cetak Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab (PINBA) XI, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.
  14. Roojil Fadillah. 2017. Permasalahan Kesalahan Berbahasa Arab dalam Percakapan. Prosiding cetak Internasional Conference & Call for Paper “Trends of Arabic Language in Digital Era: Education, Literature, and Technology”, UMY, Yogyakarta.
  15. Roojil Fadillah. 2017. Tachlîl al- Akhthâˋ an- Nachwiyyal fî al- Muchâdatsah al-Yaumiyyah. Jurnal Lisania.
  16. Erma Febriani. 2018. Tathbiiq Manhaj al-Lughah al-‘Arabiyyah fii Machaliyyah Jabal Awliya’ bi Wilayah Al-Khartoum. Bahasa Arab, UMY P-ISSN 2622- 9501 / E-ISSN 2623-2073.

    https://journal.umy.ac.id/index.php/maharat/article/view/5676

  17. Erma Febriani. 2018. Daur at- Ta’lîm al-Iliktrûnî fî Ta’lîm al-Lughah al-‘Arabiyyah.  Prosiding cetak Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab (PINBA) XI, UIN Ar Raniry, Banda Aceh.
  18. Erma Febriani. 2017. Hambatan Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding cetak International Conference & Call for Paper “Trends of Arabic Language in Digital Era: Education, Literature, and Technology”, UMY, Yogyakarta.
  19. Yayat Hidayat. 2018. Teori Perolehan dan Perkembangan Bahasa untuk Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Maharat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, UMY P-ISSN 2622- 9501 / E-ISSN 2623-2073.

    https://journal.umy.ac.id/index.php/maharat/article/view/5680

  20. Yayat Hidayat. 2018. Pengeolahan dan Pelatihan Pemasaran Buah Salak di Dusun Gowok, Polengan, Magelang. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat “Penguatan Inovasi IPTEKS bagi Pemerintah Daerah”. UMY, 24 April 2018. ISBN: 978-602- 5450-41-9.

    http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/19557/Prosiding-Seminar-Nasional-Pengabdian-Masyarakat-2018-Aris.pdf?sequence=1&isAllowed=y

  21. Yayat Hidayat. 2017. Ta’allum al-‘Arabiyyah ‘ala Sabiil as-Sakan li Thullabi Kulliyyah ‘Aammah. Prosiding cetakInternation al Conference & Call for Paper “Trends of Arabic Language in Digital Era: Education, Literature, and Technology”, UMY, Yogyakarta.
  22. Arif Humaini. 2018. Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Ketrampilan Pembuatan Hand Made Berbasis Rumah Tangga. Jurnal BERDIKARI, UMY Vol.6 No. 1 Februari 2018.

    https://journal.umy.ac.id/index.php/berdikari/article/view/4519

  23. Arif Humaini. 2017. Leksikon Unta dalam Bahasa Arab. Prosiding cetak Internation al Conference & Call for Paper “Trends of Arabic Language in Digital Era: Education, Literature, and Technology”, UMY, Yogyakarta.

    http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/1967

  24. Arif Humaini. 2016. Penanda Jamak (Studi Perbandingan Antara  Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia).  Jurnal Studi Arab Volume 7, Nomor 1, Juni 2016.

    https://www.jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/studi-arab/article/view/1173

  25. Moch Iqbal. 2018. Mempelajari Koneksi Antara Charf jarr dan Fi’il untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab.  Maharat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, UMY P-ISSN 2622-9501 / E-ISSN 2623-2073.

    https://journal.umy.ac.id/index.php/maharat/article/view/5678

  26. Moch Iqbal. 2018. Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah wa Intisyaruha fi Yogyakarta: Dirasah Tachiliyyah fi Ba’dhi al-Mu’assassaat at-Ta’limiyyah wa al-Masaajid. E-Journal of The 5thArabic Studies & Islamic CivilizationU (E-ISSN 2289-6759).

    https://worldconferences.net/journals/icasic/Vol5_n2/055%20(EDITED)%20FULL%20PAPER%20(MOCH.%20IQBAL).pdf

  27. Moch Iqbal. 2018. Menggapi Takwa dengan Universitas Ramadhan. Artikel di Harian Jogja edisi 06 Juni 2018.
  28. Moch Iqbal. 2018. Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah wa Intisyaruha fi Yogyakarta: Dirasah Tachiliyyah fi Ba’dhi al-Mu’assassaat at-Ta’limiyyah wa al- Masaajid. E-Proceeding5th International Conference on Arabic Studies & Islamic Civilization, Kuala Lumpur, Malaysia (e-ISBN 978-967-0792-24-8).

    https://worldconferences.net/proceedings/icasic2018/fullpaper/055%20(EDITED)%20FULL%20PAPER%20(MOCH.%20IQBAL).pdf

  29. Moch Iqbal. 2017. Imkaaniyyah Ittishaal al-Af’aal al-’Arabiyyah bi Churuf al-Jarr wa Ta’tsiiruhaa fii al-Ma’naa. Prosiding cetak Internation al Conference & Call for Paper “Trends of Arabic Language in Digital Era: Education, Literature, and Technology”,
    UMY, Yogyakarta.
  30. Nanang Joko Purwanto. 2018. Lagu sebagai Media Pembelajaran Tata Bahasa Arab (Nahwu). Maharat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, UMY P-ISSN 2622-9501 / E-ISSN 2623-2073Arab), UMY.

    https://journal.umy.ac.id/index.php/maharat/article/view/5679

  31. Nanang Joko Purwanto. 2018. Berpuasa, Tangga Sukses Dunia Akhirat. Artikel di Harian Jogja edisi 13 Juni 2018.
  32. Nanang Joko Purwanto. 2017. Al-Qur’an dan Al-Hadits, sumber nilainilai pendidikan yang tetap relevan di era digital. Prosiding cetak International Conference & Call for Paper “Trends of Arabic Language in Digital Era: Education, Literature, and Technology”, UMY, Yogyakarta.
  33. Muhammad Naim Madjid. 2019. Towards Designing a Rabbani Education for Ummah: An Overview on Some Major Issues in Indonesia. Proceedings of the 4th Progressive and Fun Education International Conference,

    https://eudl.eu/doi/10.4108/eai.7-8-

    2019.2288421.

    https://eudl.eu/doi/10.4108/eai.7-8-2019.2288421

  34. Muhammad Naim Madjid. 2018. Ahammiyyah Takamul al-‘Ilm al-‘Aqli wa an-Naqli fi Al-Buchuts wa ad-Dirasat al- Akadimiyyah. Journal Al-Irsyad: Journal of Islamic and Contemporary Issues (Faculty of Islamic Civilisation Studeis, International Islamic University College Selangor (KUIS) P-ISSN: 0128-116X E-ISSN: 2550-1992.
  35. Muhammad Naim Madjid. 2018. Artistic Imaginary in the Holy Qran by Sayyid Qutub: the Concept and the Eminent Characteristics (At-Tashwir al-Fanni fi Al-Quran Al-Karim: Mafhuumuh wa Khashaishuh al-Barizah). Journal (Adabiyah): The Joutnal fo Humanities and Islamic Studies (Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Alauddin Makassar) P-ISSN: 1412-6141 E-ISSN: 2448-7744.

    http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/adabiyah/article/view/5589

  36. Erma Febriani. 2018. Daur al Ta’lim al Iliktruni fii Ta’lim al Lughoh al ‘Arabiyyah.  JURNAL AL BAYAN 10 (2), 2018.

    http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/albayan/article/view/3037/0

  37. Arif Humaini. 2018. Experimental Research: The Effectiveness of Card Game Learning Media in Learning Shorof. JURNAL AL BAYAN 10 (2):1-3, 2018.

    https://www.researchgate.net/publication/329965436_Experimental_Research_The_Effectiveness_of_Card_Game_Learning_Media_in_Learning_Shorof

  38. Lanoke Intan Paradita. 2018. Extensive Reading in Efl Settings: A Special Interview with Professor Paul Nation.

    http://journal.teflin.org/index.php/journal/article/view/725

  39. Lanoke Intan Paradita. 2018. Motivating Students in L2 Reading through Dialogue Journal: An Investigation on Students’ Perception.  Journal of Foreign Language Teaching & Learning, Vol. 3 No. 2, July 2018.

    https://journal.umy.ac.id/index.php/FTL/article/view/6832

  40. Yayat Hidayat. 2018. Pengelolaan dan Pemasaran Produk Olahan dari Bahan Baku Buah Salak di Dusun Gowok, Polengan, Magelang.  Prosiding Seminar Nasional PengabdianKepada Masyarakat “PenguatanInovasi IPTEKS bagi Pemerintah Daerah”
    UMY, 24 April 2018.

    https://ip.umy.ac.id/wp-content/uploads/2018/06/Prosiding-Seminar-Nasional-Pengabdian-Masyarakat-2018.pdf

  41. Yayat Hidayat. 2018. Interelasi Kebijakan Pengembangan Kompetensi Perkaderan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) Berbasis Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mubaligh Hijrah. Prosiding Seminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Seminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahan: Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Multiperspektif 22 Desember 2018, Auditorium Moh. Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta.

    https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/10594/Prosiding%20Seminar%20Al-Islam%20%26%20Kemuhammadiyahan_07.pdf?sequence=1&isAllowed=y

  42. Roojil Fadillah. 2019. Moderasi Islam Madzab Salatiga. Prosiding Millati; ISBN: 978-602-96724-3-5

PENGABDIAN

  1. Yayat Hidayat dan Talqis Nurdianto. 2018. Pendampingan Pemasaran Hasil Pertanian Dusun Gowok Polengan Magelang.
  2. Mohammad Muhajir. 2018. Khatib Idul Adha di Masjid Al-Musttaqin Ngaglik Sleman.
  3. Mohammad Muhajir. 2018. Pemateri Kajian Manasik Haji Tentang Fiqih Thaharah dan Salat di Kantor PDM Kota Yogyakarta.
  4. Yayat Hidayat. 2018. Khatib Jumat Masjid Al-Aman Sidoarum Gamping Sleman.
  5. Moch Iqbal. 2018. Kharib Idul Adha di Masjid Al-Ittihad Gunung Polo Argorejo Sedayu Bantul.
  6. Moch Iqbal. 2018. Pemateri Pengajian Mingguan di Masjid Al-Ittihad Gunung Polo Argorejo Sedayu Bantul.
  7. Talqis Nurdianto. 2019. Bakti Sosial dan Pelatihan Penyembelihan Ayam di Dusun Gowok Polengan Magelang.
  8. Moch Iqbal. 2017. Kunjungan dan Bakti Sosial di Panti Asuhan Muhammadiyah Abu Szar Al-Ghifari Gamping Sleman.
  9. Seluruh Dosen. 2017. Pemberian dan Penyembelihan Hewan Qurban di Rumah Mahasiswa (Ainun) Gamping Sleman.
  10. Moch Iqbal dan Yayat Hidayat. 2018. Pemateri Kajian Ramadhan di Masjid K.H. Ahmad Dahlan UMY.
  11. Arif Humaini. 2019. Upaya Peningkatan Pemahaman Masyarakat dalam Membina dan Membentuk Karakter Remaja.
  12. Lanoke Intan Paradita. 2019. Penguatan Literasi pada Siswa Melalui Extensive Reading di SMA N 1 Kasihan Tahun Ajaran Genap 2018/2019.

    http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/27225

  13. Moch Iqbal. 2019. Pengembangan Metode Pengajaran di TPA Masjid Al-Ihsan Jambewangi Temuwuh Dlingo Bantul dengan Lagu Berbahasa Arab.

    http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/34741

  14. Moch Iqbal. 2019. Peningkatan Skill Berbicara Bahasa Arab Santri Panti Asuhan Muhammadiyah Abu Dzar Al-Ghifari Gamping dengan Penggunaan Kitab Al-‘Arabiyyah Baina Yadaik.

    http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/34738

  15. Mohammad Muhajir. 2019. Peningkatan Peran Kelompok Wanita Tani (KWT) Ekonomi Dusun Kemidi (EDUM) dalam Pemasaran Hasil Produk Olahan Berbahan Dasar Salak dan Enthik.

    http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/27745

  16. Yayat Hidayat. 2019. Inisiasi Pengembangan Pertanian Perternakan Kambing Etawa PE di Dusun Wisata Gunung Kelir Jatimulyo Kulon Progo.

    http://semnasppm.umy.ac.id/wp-content/uploads/2019/12/BAGIAN-3.pdf

  17. Arif Humaini. 2018. Peningkatan Masyarakat Melalui Pemberian Ketrampilan Pembuatan Hnadmade Sebagai Usaha Berbasis Rumah Tangga.

    https://journal.umy.ac.id/index.php/berdikari/article/view/4519

  18. Moch Iqbal dan Erma Febriani. 2018. Pengembangan Pengolahan Produk Unggulan Desa dan Penguatan Kelembagaan di Dusun Pakis II Desa Dlingo Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul DIY.

    http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/34746

  19. Nanang Joko Purwanto dan Yayat Hidayat. 2018. Pendampingan Agama Islam Bagi Mualaf yang Baru Masuk Islam Warga Binaan Fprum Arimatea Dusun Nitipuran Yogyakarta.

    http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35209

  20. Lanoke Intan Paradita. 2018. Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Melalui “Happy English Days with Arts and Songs” di SDN Palbapang Baru dan SD Muhammadiyah Ambarketawang Yogyakarta.

    http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30635

  21. Lanoke Intan Paradita. 2018. Peningkatan Kapasitas Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Mandiri di Desa Sruni Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman Yogyakarta.

    http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35208

 

NomorSemesterKode Mata KuliahMatakuliahSKSDosen Pengampu
11PBA16106Grammar Bahasa Inggris2Lanoke Intan Paradita, S.S., M.Hum.
21PBA16501Teori Kitabah4Nanang Joko Purwanto, S.S., M.Pd.I.
31PBA16101Istima' Wal Kalam4Erma Febriani, S.Pd., M.Ed.
41PBA16102Qira'atun Nushus4Erma Febriani, S.Pd., M.Ed.
51PBA16014Pengantar Bahasa Indonesia2Tri Wahyono, S.Pd., M.Pd.
61PBA16108Pancasila dan Kewarganegaraan4Drs. Mujiayana, S.H., M.Si.
71PBA16105ICT2Apriliya Kurnia, S.T., M.Eng.
81PBA16107Aqidah Akhlak2Ghofar Ismail, S.Ag., M.A.
NomorSemesterKode Mata KuliahMata KuliahSKSDosen Pengampu
12PBA16201Munadloroh2Erma Febriani, S.Pd., M.Ed.
22PBA16203Aplikasi Kitabah2Nanang Joko Purwanto, S.S., M.Pd.I.
32PBA16206Conversation Bahasa Inggris2Lanoke Intan Paradita, S.S., M.Hum.
42PBA16102Qirotul Kutub4Moch Iqbal, Lc., M.A.
52PBA16204Ilmu Sharf4Muh Naim Madjid, S.S., M.I.S., Ph.D.
62PBA16212Fikih2Mohammad Muhajir, Lc., M.A.
72PBA16205Linguistik Umum2Arif Humaini, S.S., M.Hum.
NomorSemesterKode Mata KuliahMata KuliahSKSDosen Pengampu
13PBA16303Psikologi Pendidikan4Roojil Fadillah, Lc., M.Pd.I.
23PBA16307Ulumul Qur'an Hadits2Drs. Marsudi Iman, M.Ag.
33PBA16301Ilmu Nahwu4Muh Naim Madjid, S.S., M.I.S., Ph.D.
43PBA16305Terjemah4Muh Naim Madjid, S.S., M.I.S., Ph.D.
53PBA16302Metedologi Pembelajaran Bahasa Arab4Erma Febriani, S.Pd., M.Ed.
63PBA16306Filsafat Ilmu2Arif Humaini, S.S., M.Hum.
73PBA16304Psikolinguistik2Arif Humaini, S.S., M.Hum.
NomorSemesterKode Mata KuliahMata KuliahSKSDosen Pengampu
14PBA16404Desain Pembelajaran2Roojil Fadillah, Lc., M.Pd.I.
24PBA16402Media Pembelajaran2Roojil Fadillah, Lc., M.Pd.I.
34PBA16405Pengantar Penelitian2Erma Febriani, S.Pd., M.Ed.
44PBA16407Kemuhammadiyahan2Mohammad Muhajir, Lc., M.A.
5PBA16403Pengembangan Bahan Ajar2Ana Taqwa Wati, S.Pd.I., M.Pd.I.
64PBA16210Ilmu Balaghah4Muh Naim Madjid, S.S., M.I.S., Ph.D.
74PBA16401Magang di SD2Arif Humaini, S.S., M.Hum.
NomorSemesterKode Mata KuliahMata KuliahSKSDosen Pengampu
15PBA16503Metodologi Penelitian Bahasa Arab4Roojil Fadillah, Lc., M.Pd.I.
25PBA16505Teknologi Pendidikan4Lanoke Intan Paradita, S.S., M.Hum.
35PBA16103Evaluasi Pembelajaran4Ana Taqwa Wati, S.Pd.I., M.Pd.I.
45PBA16504Statistika4Ana Taqwa Wati, S.Pd.I., M.Pd.I.
55Pengembangan Kurikulum4Fitri Zakiyah, M.Pd.
65Magang di SMP2Arif Humaini, S.S., M.Hum.
NomorSemesterKode Mata KuliahMata KuliahSKSDosen Pengampu
16PBA16601Teori Micro Teaching2Erma Febriani, S.Pd., M.Ed.
26PBA16603Bimbingan dan Konseling2Yayat Hidayat, S.Pd.I., M.Ag.
36PBA16605Enterpreneurship2Arif Humaini, S.S., M.Hum.
46PBA16608Magang di SMA2Arif Humaini, S.S., M.Hum.
56PBA1660 Manajemen Pendidikan2Ana Taqwa Wati, S.Pd.I., M.Pd.I.
66PBA16014Menulis Akademik2Tri Wahyono, S.Pd., M.Pd.
76PBA16607Jurnalistik2Arif Humaini, S.S., M.Hum.
86PBA16606Bahasa Arab Jamaah Haji2Nanang Joko Purwanto, S.S., M.Pd.I.
96Ilmu Mantik2Yayat Hidayat, S.Pd.I., M.Ag.
NomorSemesterKode Mata KuliahMata KuliahSKSDosen Pengampu
17KKN3
27PBA16701Aplikasi Mivro Teaching4Roojil Fadillah, Lc., M.Pd.I.
37Seminar Proposal2
NomorSemesterKode Mata KuliahMata KuliahSKSDosen Pengampu
18Skripsi6

Panduan Penulisan Skripsi

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai bagaimana sistematika penulisan skripsi sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Program Studi Ilmu Pendidikan Bahasa Arab bisa klik di sini: Buku Panduan Skripsi

Syarat Pengajuan Judul Skripsi

1. Transkrip Nilai (telah menyelesaikan 115 SKS dengan ketentuan lulus)
2. Sudah melakukan registrasi online (Skripsi) melalui KRS Online UMY
3. Memiliki Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih berlaku/aktif

Alur Pengajuan Seminar Proposal

Alur Pendaftaran Pendadaran/Ujian Skripsi

Persyaratan Yudisium

Persyaratan Wisuda

NomorProfil lulusanCapian pembelajaran
1Pendidik Bahasa ArabMenguasai konsep teoritis dan mampu mengaplikasikan di bidang pendidikan bahasa arab
2Praktisi Bahasa ArabInstruktur, penerjemah, dan konsultan pendidikan di bidang bahasa arab
3PenelitiPenelitian dan pengembangan keilmuan dan pendidikan di bidang bahasa arab
4Wirausahawan/watiPelaku kewirausahaan, pembimbing, dan penyelenggara jamaah haji dan umrah
5PenulisMemiliki wawasan keilmuan dan teknik penulisan buku ajar dan lainnya

Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar lebih baik kami menyediakan E-learning. Silahkan klik disini untuk mengakses E-Learning