Capaian Pembelajaran

NO UNSUR SN PT & KKNI   CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP)
1 Sikap S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
S3 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
S5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S6 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
S7 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S8 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S9 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
S10 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
S11 Memiliki mindset internasional
S12 Menciptakan jiwa kepemimpinan dalam mengelola organisasi

 

2 Penguasaan Pengetahuan PP1 Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi yang sesuai dengan lingkup tugasnya;
PP2 Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill);
PP3 Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran
PP4 Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan.
PP5 Menguasai teori berbahasa dan linguistik Arab
PP6 Menguasai teori pembelajaran bahasa untuk mengembangkan desain pembelajaran dan teknologi pembelajaran bahasa Arab
PP7 Menguasai teori penelitian dalam bidang bahasa dan pendidikan bahasa Arab
PP8 Menguasai teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dalam penggunaan dan pembelajaran bahasa Arab.
PP9 Menguasai prinsip-prinsip kewirausahaan secara efektif.

 

3 Ketrampilan Khusus KK1 Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran siswa aktif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis ipteks, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan mutu;
KK2 Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran;
KK3 Mampu melakukan evaluasi proses pembelajaran menggunakan penelitian tindakan kelas (action research);
KK4 Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif;
KK5 Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya;
KK6 Mampu melakukan kajian terhadap masalah mutu, relevansi, dan akses di bidang pendidikan, dan menyajikan pilihan terbaik dari solusi yang telah ada untuk dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan;
KK7 Mampu mengkaji dan mengembangkan berbagai metoda pembelajaran yang telah tersedia secara inovatif dan teruji.
KK8 Mampu menggunakan bahasa Arab dalam pergaulan internasional
KK9 Mampu melaksanakan pembelajaran bahasa Arab sesuai prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran dengan metode ‘paikem’ di dalam dan di luar kelas serta dalam masyarakat
KK10 Mampu mengambil keputusan dalam bidang pembelajaran Bahasa Arab secara akademik dan mandiri dalam kelompok kerja
KK11 Mampu menggunakan bahasa Arab dalam bidang alih bahasa baik langsung maupun tidak langsung.
KK12 Mampu mengambil keputusan dalam bidang penelitian bahasa dan pendidikan secara akademik dan mandiri dalam kelompok kerja
KK13 Mampu menerapkan konsep-konsep ketrampilan dan keindahan bahasa baik  lisan maupun tulisan dalam pergaulan internasional.

 

4 Ketrampilan Umum KU1 Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya;
KU2 Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir;
KU3 Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data;
KU4 Mengelola pembelajaran secara mandiri;
KU5 Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
KU6 Mampu melaksanakan pengembangan ilmu melalui riset sesuai metodologi penelitian dengan kreatif di dalam dan di luar kelas serta dalam masyarakat;
KU7 Mampu menggunakan teknologi informasi dan pengembangan komunikasi secara efektif dalam penggunaan dan pembelajaran bahasa;
KU8 Mampu melaksanakan prinsip-prinsip kewirausahaan secara efektif.