APB UiTM kembali mengunjungi PBA UMY

Oktober 1, 2018 oleh : admin

Senin, 24 September 2018, PBA UMY kembali menerima lawatan dari Program studi Bahasa Arab Komunikasi Professional, Akademi Pengajian Bahasa, UiTM Malaysia. Dalam lawatan kali ini APB UiTM mengirimkan 19 mahasiswa dan 1 dosen pendamping untuk melakukan kunjungan akademik di beberapa kampus di Yogyakarta, diantaranya UMY, UAD, dan wisata seni budaya dan sejarah ke beberapa tempat, seperti Keraton Yogyakarta, Benteng Vredeburg, Kampung Batik Giriloyo yang berdekatan dengan Makam Raja-Raja Mataram, Mesjid Gedhe Kauman, Hutan Pinus, Taman Pelangi, Parangtritis dan Malioboro.

Lawatan ini merupakan media bagi mahasiswa untuk saling berinteraksi secara langsung, mempererat tali silaturahmi, mengembangkan jejaring atau network, dan membuka peluang kerja sama yang lebih banyak. Pada sambutannya di UMY, Ustadz Lutfi bin Hasan, sebagai dosen pendamping UiTM menyampaikan bahwa melalui kerjasama ini banyak hal yang dapat dipikirkan untuk melibatkan para mahasiswa-mahasiswa APB UiTM dan PBA UMY dalam program-program internasional, seperti program ke-relawanan (Volunteerism) yang untuk pertama kalinya diusahakan untuk dapat dilaksanakan di Kamboja, juga program-program yang berorientasi kepada masalah-masalah sosial, pendidikan dan pengajaran masyarakatnya. Program ini sedang dalam tahap pengajuan ke pihak Universitas (UiTM) untuk dapat terealisasi di tahun mendatang. Program ini tentunya juga akan lebih mengeratkan keakraban antar mahasiswa dan para pendidiknya (dosen). Hal ini disambut baik oleh Ketua Program Studi PBA UMY, Ustadz Arif Humaini. Beliau menyampaikan bahwa program-program seperti ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, disamping untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Arab dalam skala internasional dan mengembangkan pola pembelajaran dan pengajaran yang efektif dan menarik, hal ini juga membuka ruang kerjasama yang luas yang berguna bagi karir mahasiswa ke depannya. Prodi PBA khususnya, sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa UiTM juga mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan kebolehan mereka dalam berbahasa Arab melalui presentasi dan pertunjukan seni, serta praktek mengajar. Mereka juga memperkenalkan susunan organisasi serta kegiatan himpunan mahasiswa jurusan APB UiTM sebagai bentuk sharing keorganisasian.

Pada November 2018, mahasiswa PBA UMY akan mengadakan kunjungan serupa ke beberapa universitas di Malaysia dan Singapura yang salah satunya adalah UiTM. Kunjungan balasan ini diharapkan akan menjalin kerjasama yang lebih erat antar mahasiswa.