Yogyakarta – Satu lagi Program Studi (Prodi) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mendapatkan kunjungan tim asesor BAN-PT yang terdiri dari Dr. Ahmad Sayuti A. Nasution, MA. (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) dan Dr.Yayan Nurbayan. MA. (Universitas Pendidikan Indonesia Bandung ),dalam rangka Visitasi Akreditasi Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Direncanakan kegiatan tersebut berlangsung pada Kamis, 22 Mei 2014. BAN PT dalam visitasi tersebut menugaskan 2 asesor untuk melakukan verifikasi borang-borang akreditasi dan survei data lapangan secara langsung, yaitu Dr. Ahmad Sayuti A. Nasution, MA. (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) dan Dr.Yayan Nurbayan. MA. (Universitas Pendidikan Indonesia Bandung ).

Seperti diinformasikan oleh Ketua Jurusan (Kajur) Pendidikan Bahasa Arab, Bapak Talqis Nurdianto. Lc, MA., bahwa persiapan menghadapi visitasi ini dilakukan sekitar setahun, dengan mengisi borang-borang akreditasi, mengumpulkan data fisik yang berkaitan dengan akademik, pengajaran, kurikulum, fasilitas, dosen, mahasiswa dan lain sebagainya, dan mengirimkan borang-borang tersebut ke BAN PT di Jakarta.

Visitasi diawali dengan acara tatap muka dan dialog dengan pimpinan universitas, fakultas, jurusan, serta unit-unit kerja lain di lingkungan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, termasuk pula dengan perwakilan mahasiswa, dan diteruskan dengan kunjungan lapang.

Dr. Ahmad Sayuti A. Nasution, MA selaku ketua tim asesor mengatakan, “kami hanya untuk mengecek kesesuaian apa-apa yang ada dalam portofolio yang telah dikirimkan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kepada BAN-PT di Jakarta dengan kenyataan sebenarnya”. Untuk itulah, ia berharap civitas akademika Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memberikan keterangan yang apa adanya atas pertanyaan-pertanyaan tim asesor.

Di penghujung acara visitasi, Bapak Dr. Ahmad Sayuti A. Nasution, MA. dan Dr. Yayan Nurbayan. MA, banyak memberi masukan demi perbaikan dan peningkatan program studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) di masa mendatang, khususnya berbagai kondisi dengan keadaan riil yang terjadi. Meskipun demikian, beliau juga mengakui bahwa problem Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) di STAIN, IAIN maupun UIN cenderung sama, tetapi bila upaya peningkatan dari berbagai sektor dipenuhi tidak mustahil hasil yang maksimal juga dapat tercapai.

Demikianlah visitasi yang diadakan oleh BAN-PT di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. (ABR)